Terimakasih telah berkunjung,semoga bermanfaat

Iklan

Kamis, 05 Juli 2012

Hal-hal unik saat mendekati dan saat bulan puasa

Kindly Bookmark and Share it:
Puasa sudah semakin dekat,nah kita pasti sering melihat atau bahkan kita juga melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan waktu akan puasa atau waktu bulan puasa,apa sajakah itu?????

1. Hey...good news, neh. Penelitian para ahli medis di Amerika mengatakan, selama puasa tubuh kita mempro duksi enzim yang bisa menambah kekebalan tubuh. Hebatnya, enzim itu bener-bener cuma keluar di saat kita berpuasa, lho. The point is puasa bisa bikin kita jadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Keren khan?

2. Banyak anak-anak atau orang-orang yang pada mbangunin orang-orang buat makan sahur,malah wahtu dulu saya dengan teman-teman saya slalu tidur di masjid buat mbanggunin orang-orang buat sahur loe,keren pokoknya. Alat-alatnya pun yang digunakan beragam,mulai dari kentongan,cangkul,jirigen,malah pernah ja bawa petasan juga loe,heheheh...



3. Harga sembako pada naik,sebenernya sih kalo masalah nih sudah sering terjadi,tapi memang kalo waktu puasa pasti harga-harga sembako bakal melejit naik kayak roket,hehehe

4. Sholat tarawih, nah kalo ni baru cuma terjadi bulan puasa ja. Sholat tarawih pasti akan rame mulai dari anak-anak,mas-mas,bapak-bapak,ibuk-ibuk,mbah-mbah juga tidak mau ketinggalan juga loe,hehehe, dan yang paling aneh jumlah jemaahnya yang naik turun. Jemaah pada saat tarawih pasti banyak waktu awal-awalnya saja,semakin lama akan semakin turun kuantitasnya,dan akan banyak lagi waktu mau akhir-akhir

5.Tadarus,kalau hari-hari biasanya speaker masjid ampek isya' saja berbunyi,tapi beda kalo pada bulan puasa. Speaker akan berbunyi ampek malem-malem untuk tadarus,dan yang paling ditunggu-tunggu pasti kolaknya sehabis tadarusan.



6. Kolak, menu yang satu ini pasti tidak mau ketinggalan bahkan mulai saya kecil dulu,slalu kalau bulan puasa pasti akan ada makanan yang satu ini. Makanan yang satu ini juga akan tampil dengan banyak penampilan,mulai kolak pisang,kolak ubi-ubian,kolak kacang ijo,pokoknya banyak dah,jadi bikin ngiler ja,heheh

7. Jemaah yang ada di masjid menigkat, kalai waktu puasa pasti masjid akan penuh sesak oleh para jemaahnya,bahkan berkali lipat adri hari-hari biasanya. Kalau tidak percaya coba teman-teman cek ja nanti.

8. Buber(buka puasa bareng),nah kalau teman-teman sudah pada lama kepisah dengan teman-teman sekelas karena sudah pisah,bulan puasa adalah momen yang baik buat temu kangen. Yap,dengan berbuka bareng jadi kita bisa ketemu teman-teman lama yang udah lama nggak liat. Tapi kalau kita masih SMA,pasti job yang satu ini bikin pusing, karena banyak banget acara bubernya. Mulai teman sekelas yang dulu,sekarang,organisasi-organisasi dan masih banyak lagi,tapi tetep ja menyenangan walau banyak ngabisin biaya.

9.  Punggahan, Punggahan adalah tradisi membersihkan diri dengan mandi di sungai bersama. Punggahan biasanya tidak hanya sekedar ajang “mandi bareng”, melainkan sekalian ajang kumpul bersama seluruh anggota keluarga besar. Tujuan utama dari Punggahan adalah meniatkan diri untuk menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan. Itu hanya tradisi, bagaimana pun juga tradisi selalu ada di setiap tahunnya.  Mungkin di beberapa daerah tradisi ini tidak ada atau istilahnya saja yang berbeda.


10. Ziarah, Ziarah adalah kegiatan dengan maksud membersihkan makam(kuburan) dari anggota keluarga yang telah meninggal, selain itu juga dimaksudkan untuk mengirmkan do’a. Kegiatan ziarah juga dimanfaatkan oleh warga yang tinggal dekat taman pemakaman untuk menjual jasa membersihkan makam.


11. Ngabuburit, Kegiatan yang satu ini cukup mengasikkan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Banyak hal yang bisa dilakukan semisal mengobrol antar teman, mendengar/melihat tausiah di tv atau ngabuburit dalam perjalanan.



Sekian dulu postingan dari saya,dah laper,mau makan dulu.Tidak lupa saya ucapkan maaf buat teman-teman...

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice info gan..
izin copy yah :)
kalo ada waktu kunjungi balik ya .. www.infopengetahuan21.blogspot.com

Unknown mengatakan...

sip dah gan, makasih udah mampir ke rumah kecil ane :)

Followers

 
Design By Orkut Blogger Template designed by Anshul